7 Bahan Skincare yang Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Rambut

0
62

Theindopost.com- Beberapa bahan aktif dalam formula skincare ternyata dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut agar tetap sehat. Dengan memiliki manfaat ganda ini dapat menjadi alternatif untuk Anda agar menghemat penggunaan produk perawatan diri.

Jika Anda tertarik, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini beberapa bahan aktif skincare yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut, melansir berbagai sumber.

Asam Hialuronat

Menurut dr. Hadley King selaku dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City, menyadur HighEnd, Selasa, 15 November, asam hialuronat merupakan humektan yang berperan menarik air dan membantu hidrasi. Hyaluronic acid yang banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit, dapat mengisi kembali kelembapan kulit dan membantu hilangkan garis-garis halus pada kulit.

Ternyata jika digunakan untuk perawatan rambut, bahan ini memiliki manfaat yang serupa. Asam hialuronat dapat membantu mengembalikan kelembaban pada kutikula rambut, membuat helaian rambut menjadi lembut, halus, dan sehat.

AHAs (Alpha Hydroxy Acids)

Sama seperti asam glycolic dan laktat, AHA berfungsi mencerahkan dan menghaluskan tekstur kulit dengan cara mengangkat kulit mati, menyadur Adore Beauty. Dalam produk perawatan rambut, AHA bertugas mengeksfoliasi kulit kepala, melindungi, melembabkan, meluruskan, dan mencegah rambut bercabang. Anda dapat menambahkan beberapa tetes AHA ke kondisioner atau masker rambut saat mandi untuk meningkatkan kilau hingga 10 kali keramas.

BHAs (Beta Hydroxy Acids)

Asam salisilat merupakan bahan eksfoliasi yang sering Anda jumpai pada produk perawatan kulit berjerawat. BHA merupakan produk tepat untuk mengatasi masalah kulit kepala sebab membantu membuka pori-pori tersumbat, mengurangi minyak, dan mengatasi kulit kepala yang terkelupas atau membersihkan sisa produk di kulit kepala.

Vitamin C

Vitamin C jadi bahan skincare yang paling banyak dibicarakan karena kemampuannya mencerahkan kulit dan mengurangi tampilan hiperpigmentasi. Selain kulit, bahan antioksidan ini mampu meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut, membantu produksi kolagen, dan mencegah warna rambut memudar. Vitamin C dalam produk rambut juga membantu meningkatkan kilau dan mencegah kerusakan.

Micellar Water

Micellar water dikenal dengan kemampuannya untuk menghilangkan riasan pada kulit maupun mata sebelum menggunakan pembersih wajah. Menariknya, bahan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dan minyak pada rambut. Karena itu, dr. Hadley King juga turut menyarankan untuk mencari sampo micellar water untuk membantu menghilangkan penumpukan kotoran pada rambut dan kulit kepala.

Peptida

Ada banyak jenis peptida yang berbeda dalam perawatan kulit. Tetapi secara umum, bahan aktif ini bekerja mengoptimalkan fungsi sel dan meningkatkan produksi kolagen. Peptida dan asam amino umum digunakan dalam perawatan rambut, karena memberikan efek tebal dan dan kuat pada rambut.

Niacinamide

Niacinamide juga dikenal sebagai vitamin B3 berfungsi menjaga skin barrier, mencerahkan, mengurangi peradangan, dan mengontrol produksi minyak berlebih. Dalam perawatan rambut, niacinamide dapat membantu mencegah kerontokan rambut parah dan meningkatkan produksi rambut baru.

Niacinamide juga dapat menyeimbangkan produksi minyak, yang merupakan nilai tambah bagi Anda yang memiliki kulit kepala berminyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here