Beranda Health 9 Tanda Liver Penuh dengan Racun sehingga Tubuh Perlu Segera Detoksifikasi

9 Tanda Liver Penuh dengan Racun sehingga Tubuh Perlu Segera Detoksifikasi

0
9 Tanda Liver Penuh dengan Racun sehingga Tubuh Perlu Segera Detoksifikasi

Theindopost.com- Gangguan pada organ hati atau liver dapat mengganggu keseimbangan hormon. Untuk mengurangi risiko lebih buruk, Anda perlu mengenali tanda liver penuh dengan racun sehingga tubuh perlu segera detoksifikasi.

Hati adalah kelenjar terbesar dalam tubuh manusia. Tugasnya berperan dalam sistem metabolisme, mensintesis protein, dan menghasilkan biokimia yang diperlukan untuk pencernaan. Liver atau hati juga menyaring darah dengan membuat sel-sel mati, menghalau bakteri, dan menetralkan hormon-hormon berbahaya. Oleh karena itu, organ hati memiliki fungsi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Lantas apa yang menandai tubuh penuh racun? Ini berkaitan tentang gaya hidup, jika Anda mengalami sejumlah tanda di bawah ini. Saatnya mengubah pola hidup lebih sehat.

1. Keringat berlebihan

Keringat berlebihan menimbulkan bau badan tidak sedap. Ini merupakan tanda Anda membutuhkan detoksifikasi atau tubuh sedang banyak menumpuk racun. Di samping tanda ini, kalau lidah berwarna putih kekuningan atau bau mulut, merupakan gejala lain dari tubuh penuh racun.

tanda liver dan tubuh penuh dengan racun sehingga perlu segera detoksifikasi
Ilustrasi tanda liver dan tubuh penuh dengan racun sehingga perlu segera detoksifikasi (Freepik/8photos)

2. Tidur mendengkur

Mendengkur membuat tidur Anda tak nyenyak. Ini juga membuat aktivitas sehari-hari tak nyaman. Kondisi ini sering menjadi gejala utama dari disfungsi hati, dilansir DoctorNDTV, Rabu, 26 Oktober.

3. Perut kembung

Bukan karena masuk angin, tetapi perut kembung juga bisa menandai liver membutuhkan detoksifikasidari racun. Selain kram dan rasa sakit pada perut bagian bawah, menurunnya aktivitas metabolisme karena kebanyakan racun tubuh juga menyebabkan sulit menurunkan berat badan.

4. Kelelahan

Kelelahan adalah salah satu gejala paling umum dari disfungsi hati. Orang-orang seperti ini, mungkin merasakan lelah meski baru bangun dari tidur. Bahkan bisa menyebabkan tubuh pegal-pegal saat bekerja.

5. Masalah pada kulit

Jika kulit Anda berubah warna menjadi kekuningan pucat, mungkin liver sedang bermasalah. Kondisi ini kerap diikuti munculnya ruam pada kulit, kulit gatal, lingkaran hitam di bawah mata, mata merah bengkak dan gatal, jerawat, dan noda pada kulit.

6. Sensitif dengan bahan kimia

Parfum atau wewangian berbahan kimia, membuat seseorang dengan kondisi organ hati tidak fit mengalami hipersensitivitas. Jika tubuh terlalu sensitif pada bahan kimia tersebut, Anda mungkin perlu detoksifikasi tubuh.

7. Perubahan suasana hati

Organ hati mengalami masalah, juga dapat ditandai dengan suasana hati mudah berubah. Meski tidak selalu berkaitan, tetapi gangguan pada organ tubuh dapat memengaruhi konsentrasi dan mengalami sakit kepala secara berulang.

tanda liver dan tubuh penuh dengan racun sehingga perlu segera detoksifikasi
Ilustrasi tanda liver dan tubuh penuh dengan racun sehingga perlu segera detoksifikasi (Freepik/Cookie_studio)

8. Masalah pencernaan

Jika Anda mengalami sembelit, diare, refluks asam, atau perut mulas, kemungkinan Anda perlu melakukan detoksifikasi. Organ tubuh, satu sama lain berkaitan. Termasuk hati yang menghasilkan cairan tubuh penting dan disebut empedu. Empedu berperan penting dalam proses pencernaan dan jika mengalami gangguan akan menyebabkan masalah pada perut.

9. Ketidakseimbangan hormon

Salah satu fungsi utama hati adalah mengatur hormon seks, atau estrogen dan testosteron. Dengan demikian, jika organ hati terganggu, secara bertahap menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Efek yang terlihat jelas ialah penurunan libido dan peningkatan gejala PMS.

Itulah tanda liver atau organ hati membutuhkan detoksifikasi segera karena banyak mengatasi racun tubuh. Cara detoksifikasi, bisa dimulai dari langkah sederhana yaitu diet sehat dan memotong asupan makanan manis. Selain itu, pilih konsumsi makanan organik yang mengandung nutrisi penuh dan dibutuhkan tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini