Beranda Business Alumni Agribisnis IPB: “Ekonomi Syariah Bisa Mensejahterakan”

Alumni Agribisnis IPB: “Ekonomi Syariah Bisa Mensejahterakan”

0
Alumni Agribisnis IPB: “Ekonomi Syariah Bisa Mensejahterakan”

Jakarta, Alumni Agribisnis IPB mengadakan diskusi melalui zoom tadi malam 10 Mei 2020 pukul 21.00 s/d 23.30 WIB tentang ekonomi syariah. Menghadirkan nara sumber Achmad Iqbal, Alumni Agribisnis 38 IPB, dan pegiat Ekonomi Syariah.

“Ekonomi Syariah sangat bisa untuk mensejahterakan banyak orang, jangan takut untuk mengaplikasikan ekonomi syariah” ungkap mantan Direktur Eksekutif di Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah itu.

Lanjutnya Iqbal menyampaikan bahawa negara-negara Eropa sudah memasuki pasar halal. tercatat transaksi makanan halal dunia pada tahun 2018 mencapai  1,69 Miliar dollar Amerika Serikat.

Salah satu alasan orang non muslim di Barat menyukai makanan halal adalah karena makanan halal terjamin kesehatannya.

Seperti diketahui laporan 2019/20 Global Ekonomi Ekonomi Global memperkirakan bahwa Muslim menghabiskan US $ 2,2 triliun pada 2018 di sektor makanan, farmasi dan gaya hidup yang dipengaruhi oleh kebutuhan konsumsi etis yang diilhami oleh agama Islam.

Ada 3 hal penting yang bisa kita takeways dari diskusi tersebut:

1. Ekonomi Indonesia sangat bisa untuk mensejahterakan banya orang, 

2. Produk-produk halal pasti sehat dan higienis. Pasca Covid akan sangat diperhatikan produk-produk yang sehat dan higienis. 

3. Covid mengajarkan tentang Value & supply Chain. Harus berpikir untuk mengembangkan value chain dan supply chain industri dasar Indonesia.

Seperti diketahui, dampak pandemi Corona ini banyak perusahaan tutup salah satunya karena tidak terjamin kesehatan pada bahan bakunya. Sementara itu, kita diajarkan oleh Covid untuk selalu memiliki pola hidup sehat dan higienis. Sehingga, sangatlah wajar jika produk halal ini dapat dikatakan sebagai salah satu keunggulan.

Dengan demikian, Usai wabah ini berakhir akan banyak orang mencari produk-produk halal yang higienis. Karena awal mulanya wabah ini adalah dari makanan yang tidak halal dan tidak higienis.

Jadi dengan mengaplikasikan ekonomi syariah dengan jaminan produk halal adalah langkah yang sangat rasional. Mengingat kesadaran masyarakat akan kesehatan dan pentingnya higienis sebuah produk pasca pandemi ini semakin meningkat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini