Beranda National Anies Dinilai Tidak Serius Tanggulangi Banjir

Anies Dinilai Tidak Serius Tanggulangi Banjir

0
Anies Dinilai Tidak Serius Tanggulangi Banjir

Hujan besar mengguyur Jakarta beberapa hari ini kembali mengakibatkan banjir. Meski sudah diprediksi sejak awal tahun akan curah hujan akan turun besar hingga tri semesester pertama tahun ini, pemerintah DKI seakan tidak serius menanggulanginya.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisaksi, Nirwono Joga mengatakan tidak ada keseriusan dari pemerintah DKI dalam menanggulangi banjir kali ini, dan ini membuat warga frustasi.
Gubernur DKI Jakarta terlihat lebih sibuk mengurusi revitalisasi Monas dan Formula E setelah banjir yang menggenangi ibu kota awal januari lalu. Padahal banjir merupakan persoalan urgen yang harus segera ditanggulangi.

Saat ini di Jakarta saluran air yang berfungsi baik hanya sekitar 33 persen. 67 persen sisanya tidak berfungsi maksimal. Umumnya karena tersumbat sampah, limbah, lumpur serta utilitas yang tumpang tindih di dalam saluran air.

Nirwono menyarankan semestinya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta fokus pada pembenahan bantaran sungai, rehabilitasi saluran air, situ, danau, embung dan waduk.
Rehabilitasi saluran air diperlukan, baik dimensi lebar saluran, keterhubungan antar saluran hingga perawatannya. Selain itu Jakarta perlu memperbanyak ruang hijau untuk daerah resapan air.

Namun disayangkan ini tidak dilakukan oleh Anies, sebagai konsekuensinya banjir masih belum bisa teratasi.

Sumber: Tempo.co

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini