Anies Pecat 8 Petugas Dishub yang Viral Nongkrong di Warung Kopi

0
24

Sebanyak delapan orang petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta dipecat setelah terbukti melakukan pelanggaran-pelanggaran aturan PPKM Darurat.

Pemecatan ini adalah buntut dari viralnya video rekaman beberapa petugas Dishub DKI yang kongkow di sebuah warung saat masih berseragam lengkap pada Rabu, 7 Juli 2021 malam. Rekaman video peristiwa itu diunggah di media sosial Instagram dan mendapatkan kritikan masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan pemeriksaan sudah dilakukan terlebih dulu kepada para petugas berstatus kontrak Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) tersebut. Pemecatan dilakukan secara simbolis di lapangan Balai Kota DKI sore ini dengan dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Lada sore hari ini 9 juli 2021 pukul 16.30 telah dilaksanakan acara pemberian surat pemutusan hubungan kerja dan pencopotan tanda pangkat bagi anggota PJLP Dinas Perhubungan yang mana ada 8 anggota yang melakukan pelanggaran. Mereka berkerumun dan melakukan makan minum dan ngopi di warung kopi di kawasan Patal Senayan,” kata Syafrin, Jumat (9/7).

Syafrin menjelaskan, seluruh petugas yang diperiksa telah mengakui mereka terekam dalam video itu dan melakukan pelanggaran karena makan dan minum di warung makan yang mana hal itu dilarang selama PPKM Darurat. Pelanggaran lainnya yang dilakukan oleh para petugas tersebut yakni tidak mengikuti apel gabungan di Polda Metro Jaya.

“Dan dari hari pemeriksaan berita acara pemeriksaan terpenuhi unsur pemberian sanksi dalam kategori berat. Oleh sebab itu, langsung per 9 Juli 2021 ini, kedelapan anggota PJLP diakukan pemutusan hubungan kerja,” ungkapnya.

Sebelumnya, akun Instagram @undercover.id mengunggah ulang unggahan akun Instagram warga @faiqbazher. Dalam unggahan pada Kamis (8/7) itu terekam beberapa orang petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang kongkow di sebuah warung di pinggir jalan pada malam hari. Dalam rekaman video itu juga terekam beberapa motor dinas yang terparkir di seberang jalan yang sudah sepi dari lalu lalang pengguna jalan.

Ia juga menuliskan bahwa kejadian itu direkam pada Rabu, 7 Juli 2021 lalu pada malam hari selepas pukul 21.00 WIB. Ia pun kecewa pada petugas Dishub yang dinilainya santai makan dan minum di warung sementara masyarakat harus dikurung di rumah selama PPKM Darurat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here