Beranda National APBN Dipakai Belanja Produk Impor, Jokowi: Bodoh Sekali Kita

APBN Dipakai Belanja Produk Impor, Jokowi: Bodoh Sekali Kita

0
APBN Dipakai Belanja Produk Impor, Jokowi: Bodoh Sekali Kita

Theindopost.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti agar belanja Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah tak digunakan untuk belanja produk-produk impor.

Dimana dengan jumlah APBN sebesar Rp 2.714 triliun ditambah APBD Rp1.197 triliun saat ini belanja pemerintah pusat dan daerah justru banyak didominasi untuk produk impor.

“Ini uang rakyat, uang yang dikumpulkan dari pajak, baik PPN, PPH badan, PPH perorangan, PPH Karyawan, dari pihak ekspor, dari PNPB, dikumpulkan dengan cara yang tidak mudah, kemudian belanjanya belanja produk impor. Bodoh sekali kita,” tegas Jokowi pada Pembukaan Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022, Selasa (14/6).

Pasalnya dengan belanja produk impor nilai tambah justru didapatkan oleh negara lain, misalnya penciptaan lapangan kerja. Maka, Jokowi meminta Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengawal program belanja produk dalam negeri agar berhasil.

Mengingat, selama ini Jokowi mengungkap, banyak K/L dan Pemda yang tidak mau membeli produk dalam negeri dengan beragam alasan.

“Speknya nggak pas lah, kualitasnya nggak baik lah, alasan banyak sekali, itu yang bapak ibu kawal,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil kunjungan kerjanya di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Ia melihat produk-produk lokal disana telah dikemas dengan sangat baik. Bukti produk lokal tak kalah bersaing lainnya Jokowi mencontohkan mesin jahit low speed yang lebih murah ketimbang produk impor.

“Lima tahun yang lalu saya jengkel betul, saya udah merintahkan pada BUMN untuk beli pipa. Enggak ada Pak spek dalam negeri Pak, speknya ini Pak, nomornya ini Pak, ukurannya ini. Terpaksa kita harus impor. Saya rasa itu apa sesulit ini sih membuat pipa? Eh saya ke pabrik pipa, Pak semuanya ada Pak. Bapak mau cari apa ada. ukuran apa ada. kualitas apa ada. Ini kita ekspor semuanya Pak. ke Jepang, ke Amerika, ke Eropa. Loh yang orang sana beli produk pipa kita. Kita malah beli impor. Ini kan sekali lagi kita ini orang pintar-pintar, tapi melakukan hal yang sangat bodoh sekali. Maaf,” kata Jokowi geram.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini