Beranda National BAPETEN Temukan Serpihan Benda Radioaktif di Tangsel

BAPETEN Temukan Serpihan Benda Radioaktif di Tangsel

0
BAPETEN Temukan Serpihan Benda Radioaktif di Tangsel

Limbah radioaktif ditemukan di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Setalan saat uji fungsi rutin pemantauan radioaktivitas lingkungan di lakukan di daerah itu.
Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) langsung menyisir lokasi dan menemukan benda yang diduga sumber penyabab radioaktif di lokasi tersebut.

Saat ditemukan, bentuk benda tersebut sudah berupa serpihan kerikil.
“Kalau saya tidak salah, itu bentuknya seperti kapsul sekelingking, didalamnya serbuk”, ujar Indra Gunawan Kepala Biro Hukum Kerjasama dan Komunikasi Bapeten.

Hasil uji laboratorium yang dilakukan BAPETEN menemukan salah satu jenis radioaktif Cs-137 (Cesium 137). Benda ini ditemukan saat tim menggali tanah yang terkontaminadi radioaktif di Tangsel. “Kita sudah angkat, dibawa dan kemudian dilakukan olah teknis oleh lab teknik BATAN. Dari hasil itu mudah-mudahan kita bisa menemukan ID dan seterusnya sehingga bisa diketahui info barang dari mana,” kata Indra.

Indra juga memastikan bahwa tidak mugkin kompleks ini dijadikan tempat pembuangan limbah, mengingat tempatnya yang dekat dengan perumahan masyarakat.

Radiasi raadioaktif ini ditemukan ketika BAPETEN melakukan uji fungsi rutin pemantauan radioaktivitas lingkungan di area Jabodetabek baru-baru ini. Daerah yang diuji meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspitek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah dan Stasiun KA Serpong.

Sampel vegetasi, tanah dan air sumur di lokasi ini telah diambil untuk memastikan kemungkinan terjadinya kontaminasi dan pencemaran.
Didampingi BAPETEN, Tim BATAN juga telah melakukan kegiatan dekontaminasi dengan melakukan pengerukan tanah dan pemotongan pohon dan tanaman. Pemeriksaan Whole Body Counting (WBS) juga dilakukan terhadap warga di sekitar lokasi.

BAPETEN juga meminta masyarakat sekitar untuk tidak mendekat di sekitar lapangan voli Blok J yang ditemukan radiasi radioaktif tinggi.

Sumber: Kumparan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini