BMKG Ingatkan Masyarakat Waspada Hujan dan Angin Kencang Selama Perjalanan Mudik

0
26
Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca, potensi hujan lebat dan angin kencang wilayah Pantai Utara Jawa. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.

Theindopost.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya hujan dan angin kencang selama perjalanan mudik saat ini.

“Untuk wilayah Kalimantan Selatan satu minggu ke depan masih berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang di beberapa lokasi, jadi pemudik patut waspada dan tetaplah berhati-hati,” kata Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin Fitma Surya Arghani di Banjarbaru, Rabu.

Dijelaskan dia, berdasarkan analisis BMKG saat ini wilayah Kalimantan Selatan terdapat daerah konvergensi (pertemuan angin) dan terdapat adanya gelombang kelvin equator yang berpropagasi ke arah timur mencakup wilayah Kalimantan Selatan.

Kemudian kondisi udara atas di sekitar Kalimantan Selatan yang cukup labil, dengan didukung oleh kelembapan udara yang tinggi semakin menambah potensi banyak awan.

Alhasil, sejumlah faktor alam tersebut dapat berpotensi menghasilkan hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Untuk menunjang kelancaran mudik, BMKG pun senantiasa memberikan perkembangan terkini kondisi cuaca salah satunya melalui media sosial Instagram @cuacakalsel.

“Jadi pantaulah selalu prakiraan cuaca yang kami berikan setiap harinya, bahkan setiap saat ketika ada perubahan sebagai peringatan dini untuk diwaspadai masyarakat,” jelas Fitma.

Sementara Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin Ahmad Zulfian Noor mengatakan kondisi cuaca dengan intensitas hujan cukup tinggi belum mengganggu jadwal penerbangan.

“Semuanya masih berjalan normal, seluruh pesawat yang sudah terjadwal sepanjang hari Rabu ini bisa terbang tepat waktu,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here