BREAKING NEWS: Kasus Covid Omicron Ditemukan di Indonesia

0
166

Theindopost- Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan satu pasien terkonfirmasi positif varian COVID-19 Omicron tidak memiliki riwayat bepergian dari luar negeri.

“Tapi kita belajar dari Hong Kong memang terjadi juga seperti ini, karena dia melayani pasien akibatnya dia tertular,” ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12).

Budi menjelaskan, pasien yang positif Omicron juga tinggal di RS Wisma Atlet, yang juga menjadi tempat isolasi untuk pasien COVID-19. Menurutnya, sampai saat ini belum ada penularan level transmisi komunitas.

“Kemenkes tadi malam mendeteksi seorang pasien, N inisialnya, terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember,” ujar Budi Gunadi dalam keterangan pers virtualnya, Kamis (16/12).

“Sudah kami konfirmasi ke Gsaid bahwa memang data ini adalah memang sequencing Omicron,” lanjut dia.

Ia menjelaskan, sampel N diambil bersama dengan pekerja kebersihan lainnya yang bekerja di Wisma Atlet. Hasilnya, ada 3 orang yang hasil tes PCRnya menunjukkan hasil positif.

Namun, satu di antaranya yakni N yang sampelnya diteliti Kemenkes menghasilkan positif terdeteksi varian Omicron.

Diketahui, Organisasi kesehatan dunia atau WHO pada Jumat (26/11) mengumumkan bahwa varian baru Covid-19 yang ditemukan di Afrika Selatan dinamai Omicron.

Varian ini, yang tadinya disebut B.1.1.529,  digolongkan ke dalam kategori variant of concern atau varian yang diwaspadai.

Omicron adalah varian Covid-19 kelima yang digolongkan sebagai variant of concern oleh WHO setelah Alpha (B.1.1.7), Beta (B.1.351), Gamma (P.1), dan Delta (B.1.617.2).

Berdasarkan penelitian, varian ini menyebar lebih cepat ketimbang varian lain dan ini menunjukkan ia berkemungkinan memiliki kelebihan dalam hal penyebaran.

Hingga 11 Desember 2021, virus yang sudah ditemukan di Afrika Selatan itu sudah menyebar ke 47 negara di dunia dengan total 1803 kasus positif Covid-19 varian Omicron.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here