Hati-hati! Ini Daftar Penipuan Berkedok Piala Dunia Qatar 2022

0
63

Theindopost.com- Kurang dari 24 jam, Piala Dunia FIFA Qatar 2022 akan segera dimulai, selain menarik ratusan juta penggemar pertandingan bola, acara ini juga turut menjadi perhatian para penjahat dunia maya yang ingin memperoleh uang dengan cepat.

Peneliti perusahaan keamanan Kaspersky, telah menganalisis situs web phishing terkait Piala Dunia dari seluruh dunia yang dirancang untuk mencuri data identitas dan perbankan pengguna.

“Acara olahraga besar selalu menarik perhatian penjahat dunia maya. Dengan Piala Dunia ini, penipu menjadi sangat kreatif, karena kami telah mengamati berbagai skema penipuan yang digunakan,” ungkap peneliti keamanan di Kaspersky, Olga Svistunova.

Dari hasil penelitian itu, mereka menemukan halaman palsu yang menawarkan segalanya mulai dari tiket atau merchandise acara, hingga layanan streaming pertandingan, ditambah dengan banyak hadiah dan penipuan NFT yang mengeksploitasi Piala Dunia.

Berikut penjelasannya Kaspersky yang dikutip Sabtu, 19 November.

Penipuan Tiket

Seperti halnya semua acara olahraga global besar, tiket palsu adalah umpan yang paling banyak digunakan untuk memikat para korban dan Piala Dunia tidak terkecuali. Selain itu, Qatar 2022 hanya menawarkan tiket digital, yang semakin meningkatkan risiko untuk berhadapan dengan bahaya online.

Peneliti Kaspersky menemukan banyak halaman phishing yang menawarkan untuk pembelian tiket pertandingan FIFA. Tanpa perlu dikatakan, pengguna akan kehilangan data pribadi, detail perbankan dan uang tentunya. Selain itu, penipu online juga dapat menggunakan data yang dicuri untuk tujuan lain atau menjualnya di Dark Web.

Hadiah yang Menggiurkan

Tidak ada acara publik besar tanpa para penipu yang menggunakan skema hadiah palsu. Peneliti Kaspersky juga menemukan halaman phishing yang menawarkan untuk memenangkan dua tiket ke Piala Dunia. Ini cukup populer di mana biasanya setiap pengguna menjadi pemenang yang beruntung, dengan yang terpilih hanya perlu membayar ongkos kirim.

Menawarkan Merchandise

Cara lain untuk mencuri data pengguna adalah melalui toko merchandise palsu terkait FIFA. Meskipun tawaran T-shirt tim favorit, casing ponsel dengan pemain populer, atau bola bertanda tangan terdengar bagus, setelah memasukkan data pribadi dan mentransfer uang untuk melakukan pembelian, penggemar justru kehilangan uang mereka karena penipuan online tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here