Jadi Mualaf Setelah Bebas dari Penjara, Lidya Pratiwi Ganti Nama

0
28

Pemain sinetron Untung Ada Jinny, Lidya Pratiwi, rupanya telah mengganti namanya menjadi Maria Eleanor. Juru Bicara Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Eko Ariyanto, membenarkan hal tersebut.

“Jadi informasi dia pernah mengajukan permohonan ganti nama tahun 2013, dari nama Lidya Pratiwi menjadi nama Maria Eleanor,” ungkap Eko dikutip dari Kompas, Selasa (9/6).

Eko mengatakan, alasan Lidya mengganti namanya menjadi Maria lantaran sudah tidak cocok memakai nama lamanya.

“Wah, sudah tidak cocok katanya, tadi saya sudah lihat berkasmya,” ucap Eko.

Selain itu, Eko juga mengungkapkan saat permohonan pergantian nama, Lidya hanya datang seorang diri tanpa didampingi kuasa hukumnya. “Setelah saya lihat berkasnya, dia (datang) sendiri, tidak pakai pengacara,” ucap Eko.

Seperti diketahui, setelah masuk penjara, Lidya memang memutuskan untuk menjadi mualaf. Ia mengaku bermimpi tentang Ka’bah sebanyak tiga kali sehingga menyakini kalau Islam adalah agama yang benar.

Adapun, Lidya Pratiwi terbukti terlibat dalam kasus pembunuhan berencana kekasihnya, Naek Gonggom Hutagalung.

Naek Gonggom dibunuh di sebuah cottage penginapan Putri Duyung di kawasan Ancol, Jakarta Utara, pada 28 April 2006.

Namun, Lidya tidak terlibat langsung dalam membunuh kekasihnya. Sebab, otak pembunuhan tersebut adalah ibu dan paman Lidya, Vince Yusuf dan Tony Yusuf, serta seorang kenalan bernama Sukardi.

Keterlibatan Lidya Pratiwi dalam kasus ini bahwa dia mengetahui rencana pembunuhan, tetapi tidak berusaha mencegahnya.

Oleh karena itu, Lidya Pratiwi divonis kurungan penjara selama 14 tahun dengan dikenai pasal berlapis, yakni Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan.

Kini, Lidya Pratiwi telah bebas bersyarat pada 29 April 2013 dari Lapas Kelas IIA Wanita Tangerang, Banten. Lidya bebas setelah memenuhi persyaratan substantif dan administrasif.Terlebih, selama menjalani masa tahanan, Lidya Pratiwi mendapatkan remisi sebanyak 30 bulan.

Pada 24 November 2018, status bebas bersyarat Lidya Pratiwi sudah habis dan sekarang dia sudah dinyatakan bebas murni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here