Jangan Mulai Investasi Kalau Belum Ikutin 5 Hal Wajib Ini!

0
228

Tahun 2020 menjadi tahun di mana pertumbuhan investor di Indonesia berkembang pesat dan makin banyak orang yang melek investasi.

Sayangnya, peningkatan kuantitas investor ini tidak disertai dengan peningkatan kualitas yang seharusnya dimiliki. Tahukah kamu, dalam ilmu keuangan pribadi, investasi bukanlah hal pertama yang harus kita lakukan?

Sebelum berinvestasi, ada lima checklist yang harus kamu perhatikan agar perjalanan investasimu bisa lebih aman dan menghasilkan.

1. Bayar utang jatuh tempo

Tidak akan ada gunanya mendapatkan imbal hasil 15%-20% jika kamu masih memiliki utang dengan bunga sebesar 25%. Investasi bukanlah jalan cepat untuk membayar utang.

2. Memiliki cash flow yang positif

Photo: Freepik
Photo: Freepik

Kalau kamu masih belum tahu berapa pemasukan dan pengeluaranmu, bisa jadi kamu berinvestasi dengan “uang panas”. Dana investasi seharusnya diambil dari kelebihan cash flow yang dimiliki, yaitu ketika pemasukan lebih besar dari pengeluaran.

3. Memiliki dana darurat

Pernahkah kamu terbayang ketika ada keadaan mendesak seperti sakit atau kendaraan rusak yang perlu dana cukup besar, tapi kamu tidak punya dana darurat? Alhasil kamu terpaksa mencairkan dana investasi yang mungkin pada saat dicairkan posisinya dalam keadaan merugi.

4. Memiliki proteksi

Buat apa investasi cuan ratusan persen, tapi kalau tiba – tiba sakit kamu harus mencairkan dana investasimu untuk bayar tagihan rumah sakit? Biaya kesehatan adalah salah satu biaya termahal dalam hidup, jangan lupa untuk lindungi diri dengan asuransi. Belilah asuransi sesuai kebutuhan.

5. Memiliki pengetahuan dasar investasi

Investasi bisa menjadi judi ketika kamu tidak tahu apa yang kamu beli dan hanya berharap untung. Bekali diri dengan pengetahuan investasi. Kamu harus tahu mengapa kamu berinvestasi dan produk apa yang sesuai dengan profile resikomu.

Sudahkah kamu menjalankan semua checklist ini, atau ada proses yang kamu lewati? Ingat, investasi adalah jalan supaya kita bisa nyaman secara keuangan, tapi sebelum ke sana pastikan kamu sudah aman dulu secara keuangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here