Kesalahan Perawatan Kulit Kering yang Bikin Wajah Makin Kusam

0
79

Jika Anda memiliki kulit kering, biasanya wajah terlihat kusam, kasar, bersisik. Itulah mengapa sangat penting untuk menghindari kesalahan yang dapat membuat kulit kering menjadi lebih buruk. Berikut beberapa kesalahan yang perawatan kulit kering yang sering terjadi dan harus Anda hindari. 

1. Mengeringkan wajah sebelum menggunakan pelembap

Setelah membersihkan wajah, kemungkinan besar Anda langsung meraih handuk dan mengelapnya, kan? Ternyata itu hal yang salah. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), waktu terbaik untuk melembapkan wajah adalah setelah mandi dan membersihkan wajah. Namun, jangan mengeringkannya dengan handuk karena wajah yang kering alami bisa membantu mengunci hidrasi. Jadi, lain kali setelah mandi dan mencuci muka, biarkan wajah kering dengan sendirinya, lalu oleskan pelembap pada kulit yang masih lembap alih-alih mengeringkan dengan handuk terlebih dahulu.

2. Memakai pelembap yang tidak tepat

Skin barrier terdiri dari sel-sel kulit yang terikat bersama oleh lipid (kolesterol, asam lemak, & ceramides). Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan pelembap yang mengandung lipid ini serta bahan lainnya seperti gliserin, asam hialuronat, squalane, peptida, shea butter, cocoa butter, dan minyak biji bunga matahari.

3. Mengganti pelembap dengan face oil

Rutinitas perawatan kulit Anda harus mengandung campuran produk yang menghidrasi dan melembapkan. Meski melembapkan, tetapi sebagian besar face oil tidak menghidrasi. Minyak dapat mengondisikan kulit dan membantunya mempertahankan kadar air, tetapi tidak dapat menambahkan kadar air. Menggunakan face oil memang disarankan, tetapi tidak boleh menjadi jenis produk satu-satunya dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

4. Memakai pelembap dengan bahan yang ringan

Tidak semua pelembap itu sama, terutama untuk mengatasi kulit kering. Formulasi pelembap yang lebih ringan akan sulit menembus kulit kering Anda sepenuhnya atau menguap dengan cepat sebelum memberikan manfaat apa pun. Alih-alih gel atau losion ringan, pilih pelembap krim yang mengandung bahan-bahan penambah kelembapan seperti ceramide dan lipid. Oleskan pelembap Anda dua kali sehari, di pagi hari dan sebelum tidur, untuk hasil terbaik.

5. Proses eksfoliasi yang salah

Keseimbangan adalah kunci dalam merawat kulit kering. Anda perlu melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran lain yang dapat membuat kulit Anda terlihat kusam, tetapi tidak boleh berlebihan saat melakukannya. Oleh karena itu, gunakan produk eksfoliator yang lembut seperti asam polihidroksi atau asam azelaic. Lakukan eksfoliasi dengan benar sekali atau dua kali seminggu dan lakukan dengan lembut agar kulit Anda tidak iritasi. 

6. Memakai penghapus makeup atau toner berbahan dasar alkohol

Penghapus makeup atau toner apa pun yang menggunakan alkohol atau berbahan dasar astringent lainnya akan menghilangkan kelembapan kulit kering Anda. Sebagai gantinya, gunakan kain pembersih yang tidak mengiritasi untuk menghapus riasan Anda atau hanya sabun ringan. 

7. Tidak memakai sunscreen

Oke, yang satu ini sebenarnya berlaku untuk semua jenis kulit—bukan hanya kulit kering. Namun, hal ini harus terus diingatkan. Memakai sunscreen adalah hal yang wajib, apalagi jika tinggal di negera tropis seperti Indonesia. Gunakan sunscreen dengan kadar SPF tinggi dan ulangi pemakaiannya setiap 2-3 jam sekali, terutama jika Anda beraktivitas di luar ruangan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here