Beranda International Kim Jong Un Dikabarkan Koma Saat Bagi Kekuasaan ke Adiknya 

Kim Jong Un Dikabarkan Koma Saat Bagi Kekuasaan ke Adiknya 

0
Kim Jong Un Dikabarkan Koma Saat Bagi Kekuasaan ke Adiknya 

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan sedang koma. Klaim itu diucapkan seorang mantan pejabat Korea Selatan, di tengah laporan Kim Jong Un telah membagi sebagian kekuasaan kepada adiknya, Kim Yo Jong.

Chang Song-min, eks ajudan mendiang Presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, mengklaim, Kim Jong Un sakit parah di tengah spekulasi jarangnya dia tampil di depan umum tahun ini.

“Saya menilai dia sedang koma, tapi hidupnya belum berakhir,” katanya kepada media Korsel, dikutip dari New York Post , Minggu (23/8/2020).

Mantan ajudan tersebut menambahkan, adik perempuan Kim Jong Un yakni Kim Yo Jong sudah siap membantu memimpin negara.

“Struktur suksesi lengkap belum terbentuk, jadi Kim Yo Jong dikedepankan karena kekosongan tidak dapat dipertahankan untuk waktu yang lama,” katanya.

Klaimnya muncul setelah mata-mata Korsel mengungkapkan bahwa Kim Yo Jong (33) sekarang menjabat sebagai “orang kedua secara de facto ” di Korut, meski belum sah ditunjuk sebagai penggantinya.

Dalam pertemuan tertutup dengan anggota parlemen, Badan Intelijen Nasional Korsel mengatakan, peralihan kekuasaan sebagian bertujuan untuk “meredakan stres (Kim Jong Un) dari pemerintahannya, dan menghindari kesalahan jika ada kebijakan yang gagal,” lapor kantor berita Yonhap.

“Kim Yo Jong, wakil pimpinan pertama dari Komite Pusat Partai Buruh, mengarahkan urusan negara secara keseluruhan berdasarkan delegasi,” lanjut Yonhap.

Kim Jong Un hanya terlihat beberapa kali di depan publik tahun ini, yang memunculkan rumor tentang kondisi kesehatannya.

Pada April, ia sempat dirumorkan meninggal, konon karena operasi jantungnya gagal.

Bagaimana menurut kalian? Mari kita doakan untuk kesehatan Kim Jong Un. Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini