Kim Jong Un Tindak Warganya yang Tiru Gaya Orang Korea Selatan

0
205

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menindak tegas warganya yang ‘terpengaruh’ budaya Korea Selatan, misalnya dalam cara berbicara.

Mengutip New York Post (25/7), dalam sebuah video yang diputar secara luas, menunjukkan sejumlah warga Korut dihukum karena meniru kata-kata serta ungkapan yang populer di Korea Selatan.

Laporan itu diungkap oleh Radio Free Asia, yang dikutip oleh Express. Dalam video yang beredar, memperlihatkan sejumlah orang ditangkap dan diinterogasi karena meniru ‘gaya Korea Selatan’.

Seseorang yang namanya tidak disebut mengungkapkan bahwa ada sejumlah warga Korut yang terdiri dari pria dan wanita dicukur rambutnya, mereka juga diikat ketika para penyidik menginterogasi.

“Menurut pembicara dalam video itu, 70 persen penduduk di seluruh negeri (Korut) menonton film dan drama Korea Selatan,” kata seorang penduduk provinsi Hamgyong Utara.

Park Jung-oh, kepala kelompok pembelot Korea Utara menunjukkan botol yang berisi beras dan masker untuk dikirimkan ke Korea Utara di Seoul, Korea Selatan. Foto: Kim Hong-Ji / REUTERS

Warga itu juga mengatakan bahwa video ‘eksekusi’ itu ditayangkan di seluruh lembaga pada awal Juli. Pembicara dalam video itu memperingatkan bahwa ‘budaya nasional kita sedang memudar’.

Sejumlah orang mengatakan, bahwa pihak berwenang akan memanfaatkan momen ini, termasuk hukuman yang lebih berat, untuk mencegah penyusupan lebih lanjut budaya dari Korea Selatan.

Korea Utara merupakan negara tertutup dengan aturan-aturan ketat yang membatasi warganya mengakses dunia luar. Salah satunya adalah dengan melarang orang-orang Korut untuk tidak menonton serial drama dari negeri tetangga.

Mengutip Quartz, meskipun hubungan Korea Utara dan Korea Selatan sempat mencair dengan adanya pertemuan Kim Jong Un dan Presiden Moon Jae-in, bukan berarti warga Korut bisa bebas menonton serial televisi dari negeri gingseng itu.

Warga yang melanggar bisa diganjar hukuman penjara, kerja paksa atau bahkan hukuman mati. Karena Para Pejabat di Korut kerap memperingatkan warga mengenai larangan ‘menonton budaya luar’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here