Beranda Business Legislator Apresiasi Kesigapan Pertamina Hadapi Libur Nataru

Legislator Apresiasi Kesigapan Pertamina Hadapi Libur Nataru

0
Legislator Apresiasi Kesigapan Pertamina Hadapi Libur Nataru

Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo mengapresiasi kesigapan Pertamina dalam menghadapi libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan membentuk Satgas Nataru Pertamina.

Pembentukan Satgas Nataru (Natal dan Tahun Baru) Pertamina, menurut dia, merupakan wujud komitmen BUMN tersebut untuk menjamin distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG selama libur Natal dan Tahun Baru.

“Kita apresiasi hal tersebut, guna memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama Natal dan Tahun Baru, untuk tetap memantau pasokan. sebagai sebuah bentuk pelayanan kepada masyarakat,” ujar Sartono dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dikatakannya, pembentukan Satgas Nataru menunjukkan komitmen dan kesigapan Pertamina dalam menghadapi lonjakan arus lalu lintas, apalagi hal itu dibarengi penyediaan sejumlah layanan pendukung di jalur potensial, seperti jalur tol, jalur wisata, dan jalur utama.

Layanan tersebut antara lain berupa SPBU Siaga, Agen & Outlet LPG Siaga, Kiosk Pertamina Siaga, Motorist, Mobil tangki stand by, dan fasilitas kesehatan. “Semua itu menunjukkan kesigapan Pertamina untuk mengantisipasi lonjakan permintaan,” ujarnya.

Sartono menilai positif pemantauan manajemen Pertamina melalui Integrated Enterprise Data & Command Center (IEDCC) yang merupakan pusat informasi penyaluran energi mulai dari Upstream, Kilang, Perkapalan, Terminal BBM hingga SPBU.

Melalui Command Center ini, CCTV SPBU dan stok kritis di SPBU dapat termonitor dan dapat menjadi prioritas utama pengiriman BBM. Melalui pemantauan itulah, lanjutnya, Pertamina menjamin operasional perusahaan.

Namun demikian, legislator itu meminta Pertamina agar meningkatkan pengawalan agar distribusi BBM dan LPG benar-benar lancar, antara lain dengan penambahan sumber daya manusia (SDM) di lapangan sehingga bisa lebih mempercepat respons di masing-masing wilayah.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan diperkirakan pergerakan masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru kali ini mencapai 44,17 juta orang.

Untuk itu Pertamina memastikan bahwa ketersediaan BBM dan LPG dalam kondisi aman dan seluruh infrastruktur telah disiagakan jelang perayaan Nataru.

Baca juga: PGN pastikan kelancaran distribusi dan layanan gas bumi nasional

Kesiapan infrastruktur Pertamina meliputi 114 Terminal BBM, 23 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 667 SPBE, 4.972 Agen LPG, dan 68 DPPU.

Guna mengantisipasi lonjakan permintaan, Pertamina juga melakukan penambahan ketersediaan stok BBM dan LPG. Untuk Pertalite naik sekitar 4,5 persen, Pertamax naik 2,9 persen, Pertamax Turbo naik 18 persen, Dexlite naik 3 persen, Pertamina Dex naik 1,3 persen.

Selain itu untuk LPG juga dilakukan penambahan sebanyak 2,5 persen, sedangkan Avtur naik 6,5 persen.

Sumber asli: antaranews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini