Lukisan Mona Lisa Belepotan Dilempar Kue, Pelakunya Tak Terduga

0
89

Theindopost.com-  Lukisan Mona Lisa dilempar kue seperti sejenis cake di Paris oleh seorang pengunjung museum Louvre yang terkenal di dunia itu pada Minggu 29 Mei 2022. Dalam sebuah video yang dibagikan oleh seorang pengguna Twitter, pria yang tampak menggunakan wig mendekati lukisan itu dengan kursi roda sebelum melemparkan sepotong kue ke lukisan tersebut hingga membuat lukisan tampak belepotan.

“Seorang pengunjung yang menggunakan kursi roda mendekati lukisan yang dipajang di etalase yang aman. Louvre menerapkan prosedur seperti biasanya agar orang-orang bisa menikmati karya seni utama ini,” tulis pernyataan resmi Museum Louvre, dikutip dari CNN Amerika pada Selasa 31 Mei 2022.

“Orang ini melemparkan kue yang dia sembunyikan sebelumnya. Tindakan ini tidak berpengaruh pada lukisan itu, tidak ada yang rusak sama sekali,” ditambahkan.

Seorang juru bicara mengklarifikasi bahwa pengunjung di kursi roda diizinkan untuk menggunakan kursi roda untuk bergerak dan berada di depan pengunjung museum lainnya untuk melihat karya itu dengan lebih baik.

Namun atas tindakannya tersebut, pria berusia 36 tahun itu kini ditangkap dan dibawa ke rumah sakit jiwa menurut kantor kejaksaan Paris. Investigasi juga telah dibuka oleh jaksa untuk upaya merusak properti budaya, pihak Louvre juga telah mengajukan keluhan.

Dalam sebuah video yang diterbitkan oleh pengunjung museum di Twitter @klevisl007, pria pelempar kue tersebut terdengar berbicara dalam bahasa Prancis “Pikirkan planet Bumi, ada orang yang menghancurkannya.”

Video lain dari adegan itu menunjukkan seorang anggota staf yang sedang membersihkan lukisan Mona Lisa dari bekas kue yang dilemparkan oleh pria tersebut.

Lukisan Mona Lisa adalah mahakarya dari pelukis Leonardo da Vinci. Lukisan yang bisa dibilang paling terkenal di dunia dan menarik jutaan pengunjung yang berbaris untuk berpose dengan mahakarya ini meskipun ukuran lukisan ini cenderung lebih kecil dan tak seperti seni rupa terkenal lain yang disimpan di Museum Louvre Paris itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here