Megawati Dilantik Jokowi Jadi Ketua Dewan Pengarah BPIP 2022-2027

    0
    110

    Indoissue.com- Pelantikan jajaran pimpinan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Masa Jabatan Tahun 2022-2027 diresmikan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6).

    Dalam acara ini, presiden Jokowi juga melantik Megawati Soekarnoputri yang kembali menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP.

    Proses pelantikan dimulai pada pukul 13.35 WIB. Memulai proses pelantikan, Jokowi memasuki ruangan dilanjutkan dengan pengumandangan lagu Indonesia Raya.

    Tak lama kemudian Keala BPIP Yudian Wahyudi dan Wakil Kepala BPIP Karjono beserta jajaran Dewan Pengarah mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti pernyataan yang disampaikan Jokowi.

    “Sebelum saya mengambil sumpah janji berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, bersediakah saudara-saudara mengucapkan sumpah janji menurut agama masing-masing?,” tanya Jokowi pada siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden.

    “Bersedia,” jawab para dewan pengarah dan pimpinan BPIP.

    Kemudian Jokowi membacakan sumpah jabatan seraya diikuti oleh jajaran pimpinan BPIP 2022-2027.

    “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam menjakankan tugas dan kehidupan sehari-hari. Bahwa saya, akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya kan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela sehingga saya menjadi teladan insan pancasilais,” tuturnya.

    Sumpah jabatan yang disampaikan Jokowi tersebut lantas dibacakan ulang baik oleh kepala dan wakil kepala dan dewan pengarah BPIP.

    Berikut merupakan daftar pimpinan BPIP 2022-2027 yang dilantik Jokowi:

    1. Kepala BPIP Yudian Wahyudi

    2. Wakil Kepala BPIP Karjono

    3. Dewan Pengarah:

    – Megawati Soekarnoputri (Ketua)

    – Try Sutrisno (Wakil Ketua)

    – Said Aqil Siroj

    – M Amin Abdullah

    – Andreas Anangguru Yewangoe

    – Wisnu Bawa Tenaya

    – Sudhamek

    – Rikard Bangun

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here