Beranda Uncategorized Museum Hagia Shopia Kembali Berfungsi Sebagai Masjid Berikut Fakta Sejarahnya

Museum Hagia Shopia Kembali Berfungsi Sebagai Masjid Berikut Fakta Sejarahnya

0
Museum Hagia Shopia Kembali Berfungsi Sebagai Masjid Berikut Fakta Sejarahnya

Presiden Turki Tayyip Erdogan mendeklarasikan Hagia Sophia Istanbul sebagai masjid pada hari Jumat (10/7). Walaupun banyak penolakan dari negara lain seperti Amerika Serikat, Rusia dan para pimpinan gereja di dunia.

Namun Erdogan tetap pada pendirianya untuk memfungsikan kembali museum Hagia Shopia sebagai masjid. Hal itu dilakukan setelah pengadilan tinggi memutuskan konversi bangunan kuno itu menjadi museum oleh negarawan pendiri Turki modern, Mustafa Kemal Ataturk, adalah ilegal.

Berikut Fakta Tentang Hagia Shopia :

  1. Pembangunannya pada tahun 537 M sampai 1453 M, bangunan ini merupakan katedral Ortodoks dan tempat kedudukan Patriark Ekumenis Konstantinopel.
  2. Tahun 1204 sampai 1261, ketika tempat ini diubah oleh Pasukan Salib Keempat menjadi Katedral Katolik Roma di bawah kekuasaan Kekaisaran Latin Konstantinopel.
  3. Bangunan ini menjadi masjid mulai 29 Mei 1453 sampai 1931 pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmani.
  4. Kemudian bangunan ini disekulerkan dan dibuka sebagai museum pada 1 Februari 1935 oleh Republik Turki.
  1. Monumen berusia hampir 1.500 tahun yang dihormati oleh orang Kristen dan Muslim memiliki status Situs Warisan Dunia UNESCO.
  2. Erdogan mengabaikan peringatan dunia internasional dari Amerika Serikat, Rusia, dan para pemimpin gereja tentang perubahan status Situs Warisan Dunia UNESCO.
  3. Hagia Sophia adalah lokasi penting bagi Kekaisaran Byzantium Kristen dan Kekaisaran Ottoman Muslim dan sekarang menjadi salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di Turki.
  4. Setelah 86 tahun menjadi museum kini Hagia Shopia kembali berfungsi sebagai masjid.
  5. Erdogan tetap mebuka pintu Hagia Sophia untuk semua, penduduk lokal dan asing, Muslim dan non-Muslim.

Walaupun Hagia Shiopia sudah menjadi masjid namun tetep kok buat kalian yang non muslim bisa masuk dan melihat peninggalan sejarah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini