Beranda Business Pembangunan Terminal Jatiwarna Bekasi Membutuhkan Dana Rp 500 Miliar

Pembangunan Terminal Jatiwarna Bekasi Membutuhkan Dana Rp 500 Miliar

0
Pembangunan Terminal Jatiwarna Bekasi Membutuhkan Dana Rp 500 Miliar

Pembangunan Terminal Induk Baru Tipe A di kawasan Jatiwarna, Jatiasih, Bekasi, membutuhkan anggaran hingga Rp 500 miliar.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, dana pembangunan nantinya diperoleh dari dana CSR pihak ketiga atau perusahaan swasta.

“Iya kami anggarkan Rp 500 miliar biaya dari swasta karena kan dikelola oleh pihak swasta nantinya,” ujar Tri saat dikonfirmasi, Senin (17/2/2020).

Dibutuhkan anggaran besar lantaran terminal tersebut akan dibangun terintegrasi dengan berbagai transportasi dan juga akan diintergrasikan dengan mal maupun hotel.

Rencana pembangunan akan dimulai pada tahun 2021. Terminal itu nantinya akan menggantikan terminal induk yang saat ini berada di Bekasi Timur.

“Kan yang sekarang terminalnya fasilitasnya tipe B tapi untuk pelayanan tipe A. Sehingga nanti, terminal lama itu hanya melayani kendaraan umum untuk angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) dan angkot. Tidak lagi antarkota antarprovinsi (AKAP),” ucap dia.

Pihaknya telah melakukan uji kelayakan. Saat ini tengah mencari pihak swasta untuk menawarkan Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

“Kalau tahun ini selesai KPBU, Detail Engineering Design (DED) bisa selesai tiga bulan langsung sudah bisa dibangun,” ucapnya.

Sumber: megapolitan.kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini