Pemudik Pertama yang Tiba di GT Kalikangkung saat One Way Diberi Bunga

0
28

Indopost.com- Jajaran Direktorat Lalu-Lintas Polda Jawa Tengah dan Jasa Marga memberikan hadiah bunga bagi pemudik yang pertama kali tiba di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way.

Bunga diberikan langsung oleh Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Polisi Agus Suryo Nugroho didampingi Direktur Utama Jasa Marga Tol Semarang-Batang Prajudi.

“Ini hadiah kado kami untuk Anda dan keluarga sampai di Kalikangkung sebagai tamu one way pertama. Semoga terkesan dengan pelayanan kami selama menyusuri ruas tol Trans Jawa di Jawa Tengah,” kata Agus di Gerbang Tol Kalikangkung, Kamis (28/4) malam.

Rombongan kendaraan pemudik saat penerapan one way tiba di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang sekitar pukul 21.45 WIB . Kecepatan kendaraan rata-rata 100 Km per jam dan dikawal oleh mobil Patroli Jalan Raya (PJR).

“Tadi macetnya kita di Cikampek dan Cipali, tapi masuk Jawa Tengah lancar jaya, Pak. Kita senang dikawal begini,” kata Neni, salah satu pemudik asal Jakarta.

Direktur Utama Jasa Marga Tol Semarang-Batang Prajudi mengatakan Gerbang Tol Kalikangkung membuka 21 Gate untuk melayani pemudik saat one way.

“Kita buka 21 gate, total untuk one way agar tidak terjadi antrean apalagi penumpukan. Semoga hari ini lancar dan seterusnya,” ujar Prajudi.

Sejak diterapkan kebijakan one way di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 47 hingga Tol Kalikangkung KM 414, arus lalu lintas Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah terpantau lancar pada Kamis (28/4) malam.

Meski demikian, pada pagi hingga siang hari sempat terjadi antrean cukup panjang di Jakarta-Cikampek sampai dengan ke Palimanan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sejak pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB sudah terlihat banyaknya pemudik yang masuk ke arah Semarang menggunakan Gerbang Tol Kalikangkung. Adapun pemudik didominasi oleh kendaraan pribadi dengan pelat nomor asal Jakarta dan juga bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Ditlantas Polda Jateng menyiapkan antisipasi apabila nantinya terjadi lonjakan arus mudik di Tol Kalikangkung.

“Setelah keluar dari Kalikangkung dan sebelum keluar dari Kalikangkung kita sudah antisipasi. Untuk keluar dari Kalikangkung nanti akan lewat exit Tol Krapyak. Ketika nanti di sana ada penumpukan arus, Polda Jawa Tengah akan melakukan antisipasi rekayasa, kita akan berlakukan one way di sana,” kata Agus Suryo.

Kebijakan one way di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 47 hingga Tol Kalikangkung KM 414 mulai diterapkan per pukul 17.26 WIB, Kamis (28/4).

Polri menerapkan one way dan ganjil genap guna mengurai kemacetan kendaraan para pemudik.Tak akan ada sanksi bagi pengendara yang melintas di tol di luar ketentuan khusus pelat nomor polisi ganjil atau genap. Pengendara hanya diarahkan untuk keluar dari gerbang tol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here