Pengguna Pertamax Naik, Pengamat Nilai Masyarakat Mulai Sadar Konsumsi BBM Berkualitas Tinggi

0
9284
pertamina

Masyarakat Indonesia dinilaih sudah mulai menyadari penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas tinggi. Hal ini ditandai dengan kenaikan konsumsi Pertamax pada 2021.

Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, penggunaan BBM Pertamax pada 2021 mencapai 20 persen dari total konsumsi gasoline, lebih tinggi jika dibandingkan tahun 2020 yang hanya di angka 12 persen dari total konsumsi gasoline.

“Perlahan tapi pasti penggunaan BBM Ron 92 atau Pertamax terus mengalami peningkatan,” kata Mamit, di Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Menurut Mamit, kenaikan konsumsi Pertamax menandai kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM dengan RON yang lebih tinggi sudah mulai tumbuh. Tak hanya di kota, dengan hadirnya Pertashop di desa-desa menjadi indikasi masyarakat pedesaan pun sudah sadar pentingnya menggunakan BBM RON tinggi.

“Penggunaan BBM RON 92 ke atas kini sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya

Kenaikan konsumsi Pertamax ini sejalan dengan kebijakan pemerintah tentang penggunaan bahan bakat standar Euro 4 untuk memenuhi komitemen yang di sepakati dalam Paris Aggrement pada 2015 atau COP 21 pada Desember 2015 untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dengan kemampuan sendiri dan 41 persen dengan bantuan internasional pada 2030 yang akan datang.

“Salah satu upaya untuk mencapai target tersebut adalah dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah LHK No 20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4. Salah satu bleid dalam Permen tersebut adalah penggunaan BBM dengan minimal RON 91 dan CN 51,” paparnya.

Sumber asli: Liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here