Pertamina Mandalika International Street Circuit Resmi Diluncurkan

0
297

Pengunjung mengambil gambar suasana tikungan ke-10 Sirkuit Mandalika dari Bukit Seger, KEK Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah. Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Nama PT Pertamina (Persero) diabadikan di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi Pertamina Mandalika International Street Circuit. Sirkuit tersebut akan digunakan untuk berbagai ajang olahraga internasional, salah satunya MotoGP tahun depan.

Diabadikannya nama Pertamina dalam sirkuit tersebut karena BUMN perminyakan ini menjadi sponsor utama. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan kesepakatan penamaan ini bagian dari kolaborasi antar BUMN dan juga menjadi ajang promosi Pertamina di dunia internasional.

“Ajang ini sangat dekat dengan produk-produk Pertamina. Jadi bisa kita promosikan produk Pertamina di skala internasional,” kata Nicke dalam acara Seremonial Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Sponsorship Mandalika International Street Circuit Naming Right secara virtual, Kamis (7/10).

Pengunjung mengambil gambar suasana tikungan ke-10 Sirkuit Mandalika dari Bukit Seger, KEK Mandalika. Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Nicke mengatakan, ajang MotoGP banyak memiliki penggemar, lebih dari penonton Formula 1. Di media sosial, jumlah fans MotoGP mencapai 26,6 juta.

Ketika event MotoGP dilaksanakan, kata dia, akan diikuti 200 negara, ditonton 428 juta rumah tangga, dan 7 miliar orang di seluruh dunia. Karena itu. Pertamina akan diuntungkan dari sisi promosi brand sesuai program perusahaan agar go global.

“Tidak hanya itu, ini juga jadi ajang promosi keindahan Indonesia yang ada di Lombok yang menjadi salah satu dari lima pariwisata destinasi prioritas,” kata Nicke.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan sirkuit ini dibangun pada Agustus 2020. Pada April lalu, main circuit atau area balapnya sudah rampung, jadi bisa digunakan untuk latihan.

Dia menuturkan saat ini pekerjaan di sekitar sirkuit adalah penyelesaian fasilitas pendukung seperti tempat menyimpan motor balap hingga fasilitas medis dan kesehatan. Targetnya selesai akhir bulan ini sebab pada November 2021 akan dilakukan World Superbike.

“Konsep kami ini street circuit, jadi satu-satunya sirkuit yang formatnya sirkuit jalan raya dan bakal yang jadi tercepat dan aman. Kita bangun di tengah-tengah pariwisata di mana terdapat pantai indah, gunung, dan nilai budaya yang tinggi,” kata dia.

Untuk tanggal pasti penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, Abdulbar belum bisa memberikan bocoran. Sebab, baru sore hari ini, Dorna Sport yang merupakan organisasi penyelenggara balapan MotoGP, akan mengumumkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here