Pidato Kenegaraan di DPR, Jokowi Kenakan Baju Adat Suku Baduy

0
66

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sidang tahunan MPR 2021. Jokowi terlihat mengenakan baju adat suku Baduy, asli Sunda Banten, berlengan panjang hitam. Terlihat Jokowi juga memakai ikat kepala atau songkok berwarna hitam bercampur biru serta membawa tas koja, kantong khas warga Baduy yang terbuat dari hasil hutan adat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut hadir sekitar pukul 08.00 WIB di Gedung DPR, untuk melakukan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR/DPR/DPD jelang HUT Kemerdekaan RI, Senin (16/8).

Tidak hanya Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga mengenakan baju adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat. Pakaian adat pria Suku Mandar yang dikenakan Ma’ruf kali ini terlihat sederhana. Sebab, hal ini dilandasi alasan filosofis bahwa pria Mandar harus gesit dan cekatan dalam bekerja.

Namun, perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang, serta penutup kepala yang disebut songkok tabone, menjadikan pakaian adat Suku Mandar ini terlihat elegan dan menawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here