Rumor MotoGP Mandalika Batal Digelar Mencuat, Ini Penyebabnya!

0
97

Theindopost.com- Isu batalnya balapan MotoGP grand prix Mandalika mencuat dalam beberapa hari terakhir. Penyebab awalnya datang dari pernyataan CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta selaku pengelola MotoGP.

Pernyataan itu terkait dengan regulasi karantina di masing-masing negara yang menjadi tuan rumah MotoGP 2022. Ezpeleta mengatakan bahwa balapan akan batal digelar di negara yang mengharuskan karantina panjang bagi tim balap.

“Kami tidak akan menerima karantina. Kalau kami disuruh karantina selama 14 hari, jawabannya jelas: tidak! Kami tidak akan pergi ke sana!” ujar Ezpeleta sebagaimana dikutip dari GPone.

Sampai saat ini pandemi COVID-19 masih terus menjadi salah satu kekhawatiran terbesar di dunia olahraga dan tidak terkecuali MotoGP. Indonesia sebagai salah satu tuan rumah tahun ini pun berada dalam bayang-bayang pandemi.

Meningkatnya kasus terinfeksi varian baru Omicron, yang diprediksi mencapai puncaknya pada Februari dan Maret, tidak menutup kemungkinan pemerintah memberlakukan sistem karantina bagi orang asing yang masuk.

Jika sistem karantina diberlakukan maka itu jelas kontra dengan apa yang disampaikan oleh Ezpeleta. Dengan demikian, grand prix Mandalika bisa saja urung digelar.

Isu batalnya grand prix Mandalika itu mendapat respons keras dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Sandiaga mengatakan pemerintah tak terima diancam pihak tertentu yang siap membatalkan ajang MotoGP 2022 di Mandalika jika kewajiban karantina tetap diberlakukan bagi pelaku perjalanan luar negeri.

“Saya ingin sampaikan di sini secara tegas kita ini negara hukum. Indonesia adalah negara hukum yang sudah menerapkan pengendalian pandemi COVID-19 sesuai dengan kaidah terbaik, dan kita sudah menjadi best practice,” kata Sandiaga Uno .

MotoGP musim ini akan menggelar sebanyak 21 seri atau adanya penambahan dua seri dari tahun sebelumnya. Dua seri tambahan itu adalah Indonesia dan Finlandia.

Untuk seri pembuka MotoGP 2022 akan digelar di Qatar pada 4-6 Maret 2022. Setelah itu berlanjut ke seri kedua di Mandalika yang dalam jadwal akan digelar pada 18-20 Maret 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here