Rusia Rilis Daftar ‘Negara Tak Bersahabat’ Terkait Ukraina, Ada Indonesia?

0
54

Theindopost.com- Rusia menegaskan bahwa perjanjian di level korporat atau individu dengan “negara-negara tak bersahabat” harus disetujui terlebih dahulu oleh komisi pemerintah. Kabar disampaikan dalam sebuah resolusi terbaru Pemerintah Rusia terkait konflik bersenjata yang tengah berlangsung di Ukraina.

Pemerintah Rusia mengaku telah menyetujui sebuah daftar negara dan wilayah yang dianggap telah melakukan “aksi-aksi tak bersahabat” terhadap Negeri Beruang Merah.

Daftar ini dirilis menyusul keluarnya sebuah dekrit presiden yang memungkinkan pemerintah, perusahaan, dan warga Rusia untuk membayar utang asing dengan menggunakan mata uang ruble, bukan dolar.

Dikutip dari The Straits Times, Senin, 7 Maret 2022, daftar “negara tak bersahabat” yang dirilis Rusia meliputi Amerika Serikat (AS), anggota-anggota Uni Eropa, Inggris, Jepang, Kanada, Norwegia, Singapura, Korea Selatan, Swiss dan Ukraina.

Indonesia tidak termasuk dalam daftar, dan satu-satunya negara Asia Tenggara yang masuk dalam daftar tersebut adalah Singapura.

Untuk membayar utang asing dengan mata uang Rusia, lanjut Kremlin, perusahaan atau indiviu perlu membuat sebuah rekening khusus di bank Rusia. Setelahnya, pihak terkait dapat membayar utangnya dengan mata uang rubel sesuai dengan nilai tukar yang berlaku saat itu.

Dekrit presiden Rusia terkait pembayaran utang asing ini berlaku bagi pembayaran di atas 10 juta ruble atau setara Rp1,1 miliar.

Hingga saat ini Rusia masih melancarkan serangan ke Ukraina, meski dialog damai antar kedua kubu berlanjut di Belarusia. Dialog damai putaran ketiga telah berakhir, namun belum ada hasil signifikan.

Kendati begitu, kedua kubu sepakat untuk melanjutkan dialog damai ke putaran berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here