Beranda Regional #SaveKomodo Bergema Usai Foto Komodo-Truk Jurassic Park Viral

#SaveKomodo Bergema Usai Foto Komodo-Truk Jurassic Park Viral

0
#SaveKomodo Bergema Usai Foto Komodo-Truk Jurassic Park Viral

Media sosial baru-baru ini dihebohkan dengan munculnya sebuah foto komodo yang terlihat menghadang sebuah truk di Nusa Tenggara Timur (NTT). Diketahui, foto tersebut diambil di kawasan proyek pembangunan wisata “Jurassic Park” di Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, NTT.

Kekinian, tagar #SaveKomodo pun menggema di media sosial terkait hal tersebut. Warganet prihatin jika pembangunan ini bakal mengganggu kelangsungan hidup dan habitat hewan purba itu.

Keprihatinan tersebut kemudian dicuitkan oleh akun @KawanBaikKomodo di Twitter. “Untuk pertama kalinya Komodo-komodo ini mendengar deru mesin-mesin mobil dan menghirup bau asapnya. Akan seperti apa dampak proyek-proyek ini ke depannya? Masih adakah yang peduli dengan konservasi?” cuitnya.

Tak cukup sampai di situ, mereka juga membuat petisi untuk menyalamatkan satwa khas Indonesia tersebut. Hingga Senin (26/10) pagi, petisi “Cabut Izin Pembangunan Investor Asing (Swasta) di Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo” yang ada di change.org telah ditandatangani oleh lebih dari 341 ribu orang.

#SaveKomodo Bergema Usai Foto Komodo-Truk Jurassic Park Viral

Selain tagar #SaveKomodo, keprihatinan soal pembangunan di Pulau Komodo ini juga ikut mengangkat perbincangan soal Jurassic Park. Pasalnya, pembangunan di Pulau Komodo itu disebut akan dijadikan Taman Jurassic di Indonesia.

Sebelumnya, proyek pembangunan ini juga mendapatkan kritika dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Koordinator Kampanye Walhi Edo Rakhman mengkritik langkah itu sebagai konsep yang keliru karena pemerintah seharusnya mempertahankan habitat asli hewan endemik komodo di kawasan tersebut.

”Konsep pengembangan ini yang menurut kami sangat-sangat keliru diambil oleh Presiden Jokowi,” kata Edo seperti dilansir dari CNNIndonesia, Minggu (25/10). “Habitat alami harusnya dipertahankan jika tetap ingin hewan kadal raksasa ini menjadi kebanggaan Indonesia.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini