Beranda Lifestyle Selain Tubuh, Ini Dampak Positif Berjalan Kaki Pagi Hari Bagi Kesehatan Mental

Selain Tubuh, Ini Dampak Positif Berjalan Kaki Pagi Hari Bagi Kesehatan Mental

0
Selain Tubuh, Ini Dampak Positif Berjalan Kaki Pagi Hari Bagi Kesehatan Mental

Theindopost.com- Tahukah Anda, jalan kaki pagi hari punya banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya, menjaga daya tahan tubuh agar lebih baik, meningkatkan energi dan stamina, membantu menurunkan berat badan, serta mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan psikis atau mental Anda juga akan terkena dampak baik dengan kebiasaan berjalan kaki yang Anda lakukan.

Mungkin belum banyak yang tahu, apa saja manfaat jalan kaki untuk kesehatan mental. Melansir WebMD, Selasa, 29 November, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa Mengawali hari dengan jalan kaki pagi dapat membuat suasana hati Anda jadi lebih baik sepanjang hari. 

Selain itu, jalan kaki pagi hari membantu Anda meningkatkan kreativitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan dan bergerak membantu Anda menjadi lebih kreatif daripada duduk. Berjalan juga membantu Anda mendapatkan kualitas tidur lebih baik, sehingga suasana hati jadi lebih stabil secara keseluruhan keesokan paginya.

Saat Anda jalan kaki atau melakukan olahraga lainnya, tubuh Anda melepaskan hormon yang membuat Anda merasa lebih baik secara mental dan emosional. Hormon tersebut adalah;

  • Dopamin, yang mengurangi stres dan depresi
  • Serotonin, yang membantu tidur nyenyak dan meningkatkan suasana hati 
  • Testosteron pada pria, yang meningkatkan kekuatan dan massa otot
  • Estrogen pada wanita, yang dapat mengurangi gejala menopause

Jalan kaki pagi hari bisa jadi hal menantang untuk dilakukan bagi Anda yang suka begadang. Jika Anda pemula yang ingin menjadikan jalan kaki pagi hari sebagai bagian dari rutinitas baru, ada beberapa cara untuk memotivasi diri sendiri, seperti;

  • Siapkan pakaian dan sepatu lari malam sebelumnya
  • Buat daftar lagu untuk menemani jalan kaki Anda yang menyenangkan dan bersemangat
  • Lakukan peregangan sebelum dan sesudah berjalan
  • Kenakan pakaian reflektif jika Anda berjalan dalam kegelapan agar pengemudi dapat melihat Anda

Lakukan kebiasaan ini 30 menit selama lima hari. Untuk permulaan, pilih jarak tempuh yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Saat sudah terbiasa, Anda bisa tingkatkan lagi jaraknya. Jika Anda melewatkan satu hari tanpa berjalan kaki, jangan biarkan kesalahan itu merusak rutinitas Anda. Istirahat sehari tak masalah asal, coba mulai kembali keesokan harinya.

Agar rutinitas jalan pagi Anda tetap menyenangkan, coba pertimbangkan mengubah rute Anda. Melihat hal-hal baru dapat memberi Anda suatu kesenangan yang dinanti-nantikan di pagi hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini