Beranda Health Sering Minder saat Bersosialisasi, Begini Cara Bangun Kepercayaan Diri

Sering Minder saat Bersosialisasi, Begini Cara Bangun Kepercayaan Diri

0

Theindopost.com- Terkadang tanpa disadari, kita sering merasa tidak percaya diri. Hal itu tentu akan mengganggu beberapa aktivitas fisik. Tanpa disadari pula kurangnya rasa percaya diri juga menurunkan performa dalam diri seseorang. Berikut ini ada beberapa cara membangun kepercayaan diri, melansir NHS UK, Selasa, 8 November. 

Berkata yang Baik Saat Bercermin

Biasakan untuk berkata-kata yang baik pada saat Anda sedang bercermin. Anda dapat memuji diri dan menyebutkan berbagai kelebihan Anda. Dengan begitu, Anda tidak lagi berfokus pada kekurangan yang hanya akan menghambat kemajuan diri.

Membiasakan Diri Sendiri untuk Mengeluarkan Opini

Apabila Anda ingin beropini, jangan ragu untuk mengeluarkan opini. Tidak masalah, jika Anda memiliki opini berbeda dari yang lain karena setiap orang memiliki perspektif yang berbeda. Mengeluarkan opini juga dapat melatih skill dalam berbicara.

Perluas Wawasan Anda

Terkadang Anda akan merasa tidak percaya diri karena merasa belum sepenuhnya menguasai hal itu. Maka dari itu Anda harus memperluas dan memperdalam wawasan. Anda juga bisa mendengarkan pengalaman orang lain karena wawasan bisa didapatkan dari mana pun.

Bangun Hubungan Positif

Jika Anda menemukan orang-orang tertentu yang cenderung menjatuhkan Anda, cobalah untuk menghabiskan lebih sedikit waktu dengan mereka. Atau beri tahu mereka bagaimana perasaan Anda tentang kata-kata maupun tindakan mereka. Cobalah untuk membangun hubungan dengan orang-orang yang positif dan menghargai Anda.

Bersikap Baik Terhadap Diri Sendiri

Bersikap baik kepada diri sendiri berarti bersikap lembut pada diri saat merasa ingin mengkritik diri. Pikirkan apa yang akan Anda katakan kepada teman dalam situasi yang sama. Seringkali seseorang memberikan nasihat yang jauh lebih baik kepada orang lain daripada yang dilakukan pada diri sendiri.

Challenge Diri untuk Keluar dari Comfort Zone

Menantang diri sendiri dengan hal yang tidak biasa dijalani dapat mendorong diri Anda menjadi lebih baik. Hal itu dapat membuat Anda lebih yakin bahwa Anda akan bisa melewatinya walaupun itu tidaklah mudah, misalnya momen ketika Anda harus berbicara di depan orang banyak.

Mulailah Berkata “Tidak”

Orang dengan tingkat kepercayaan diri rendah merasa harus selalu mengatakan ‘ya’ kepada orang lain. Bahkan sebenarnya tidak ingin berkata demikian. Risikonya adalah Anda menjadi terbebani, kesal, marah, dan depresi. Berkata tidak tak selamanya merusak hubungan Anda dengan orang lain. 

Olahraga Teratur

Olahraga dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dengan berolahraga, Anda akan mendapatkan perasaan senang dengan diri Anda sendiri, terutama pada saat melakukan aktivitas olahraga tersebut.

Belajar untuk Tegas

Bersikap tegas adalah tentang menghormati pendapat dan kebutuhan orang lain dan mengharapkan orang lain juga berlaku sama pada Anda. Salah satu triknya adalah dengan melihat orang lain yang bertindak tegas dan meniru apa yang mereka lakukan.

Ini bukan tentang berpura-pura menjadi seseorang yang bukan Anda. Belajar untuk tegas artinya mengambil petunjuk dan tips dari orang yang Anda kagumi dan membiarkan Anda jadi diri sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini