Serum Malah Membuat Wajah Kusam Dan Tidak Glowing? Ini Penyebabnya!

0
61

Salah satu rangkaian perawatan wajah yang tidak boleh terlupakan adalah memakai serum wajah. Serum adalah konsentrat bahan aktif, yang menargetkan pada masalah kulit tertentu, seperti flek hitam, bekas luka, jerawat, keriput, serta kemerahan. Namun, seringkali hasil dari serum tidak bisa terlihat karena kesalahan penggunaan serum yang kita lakukan. Apa saja itu?

1. Menjadikan serum sebagai pengganti pelembap

Meski ada serum yang bisa memberikan kelembapan, tetapi fungsi serum dan pelembap tetap berbeda. Anda tidak bisa menggantikan pelembap dengan memakai serum. Menurut Dr. Mike Bell, skincare scientific advisor mengatakan, “Serum memiliki kandungan bahan aktif yang fokus mengatasi masalah tertentu.” Menurutnya, banyak orang yang masih kurang paham fungsi pelembap dibandingkan serum. 

2. Tidak pakai serum sesuai urutan

Urutan dalam memakai serum juga perlu diperhatikan. Pastikan Anda memakai serum setelah wajah benar-benar bersih. Biasanya, penggunaan serum berada di urutan setelah mencuci wajah, dan memakai toner. Selain itu, perhatikan waktu saat layering serum, terutama bila Anda memakai lebih dari satu serum. Berikan jeda kurang lebih 1 menit, sebelum memakai serum lain atau skincare lainnya. Jadinya, serum benar-benar bisa meresap di wajah.

3. Takaran serum tidak tepat

Takaran memakai serum juga perlu diperhatikan. Biasanya, takaran serum yang tepat adalah sebesar butir kacang polong. Namun, bila Anda ingin mengaplikasikannya ke bagian leher, Anda bisa memakai sedikit lebih banyak, yaitu sebesar satu kacang polong lagi. Hindari memakai serum lebih dari takaran tersebut karena Anda hanya akan membuang-buang uang.

4. Tidak memakai rutin

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda memakai serum secara rutin. Anda bisa memakainya di pagi hari dan malam hari, sebelum memakai krim malam. Jadinya, hasil dari serum tersebut bisa lebih maksimal.

5. Tidak memilih serum sesuai kebutuhan

Saat ini, ada banyak pilihan serum yang bisa disesuaikan dengan masalah kulit kita. Misalnya, untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam, Anda bisa memakai serum dengan kandungan Niacinamide, dan HA. Seperti Serum Gel Moisturizer dari Mad For Makeup varian Pure, yang telah dilengkapi dengan 5% Lactic Acid, 2% Niacinamide, Aloe Vera dan Kiwi, serta HA. Serum ini dapat membersihkan pori-pori kotoran dan sebum, serta mencerahkan. 

6. Tidak mengaplikasikannya secara tepat

Cara mengaplikasikan serum juga perlu diperhatikan. Pastikan Anda mengaplikasikan serum dengan cara memijatnya. Pertama, oleskan pada ujung jari, lalu tepuk dan ratakan secara lembut. Hindari memakainya dengan kasar dan mengoleskannya terlalu keras karena justru bisa membuat serum tidak bekerja dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here