Setelah Dievaluasi Pemerintah DKI Jakarta Kembali Tiadakan CFD Karena Pengunjung Membludak

0
220
car free day di jakarta yang dipenuhi warga

Pemprov DKI Jakarta akhirnya memutuskan kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Sudirman-Thamrin. Peniadaan itu dilakukan usai mendapat kritikan karena terjadinya kerumunan saat pertama kembali dibuka pada 21 Juni 2020. CFD mulai ditiadakan per tanggal 28 Juni 2020.

“Benar (HBKB) ditiadakan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, saat dikonfirmasi, Rabu (24/6).

Dalam pengumuman Dinas Perhubungan DKI, CFD akan ditiadakan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“HBKB/CFD di kawasan Sudirman-Thamrin tanggal 28 Juni 2020 ditiadakan sementara sampai waktu yang akan ditentukan kembali,” tulis pengumuman Dishub itu.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan evaluasi terkait pembukaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD). Alasannya karena terjadi kepadatan sekalipun pada saat ini Jakarta masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Transisi.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, membuka kembali CFD untuk memberikan kesempatan warga Ibu Kota berolahraga. Sebab pada pekan sebelumnya, dia mengungkapkan, terjadi kepadatan serupa di Gelora Bung Karno.

“Kita evaluasi, karena dari awal kita berencana menyelamatkan warga. Dan mereka yang mau berolahraga, bersepeda kita kasih fasilitasnya, tapi ternyata jumlah melampaui yang diprediksi,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/6).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here