Sukses Jualan Cemilan di Makkah, TKW Ini Raup Triliunan Rupiah

0
149

Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW), Risma mendadak viral di media sosial karena ia sukses di Mekah, melalui bisnis katering dan camilannya. Bahkan penghasilannya pun bisa mencapai 1 milyar Real atau jika dirupiahkan lebih dari Rp3,8 Triliun.

Dikutip dari channel YouTube Faiz Slamet, Jumat (2/7/21) Risma menceritakan bagaimana akhirnya ia bisa jadi pengusaha sukses di Makkah. Serta dikenal oleh masyarakat di Tanah Arah itu. 

Risma mengatakan, ia memulai bisnis camilannya ini ketika pandemi dan sekarang sudah berjalan selama tujuh bulan. Camilannya itu ia bersama para pegawainya meracik sendiri. Mulai dari peracik bumbu, mengolah, hingga proses pengemasan dan penasarannya Risma punya timnya sendiri.

Ada 33 varian mulai dari keripik pare krispi, peyek, kacang telur, sampai rengginang manis. Semua camilannya ini ia pasok ke hampir semua toko Indonesia yang ada di Arab Saudi.

Perempuan asal Madura, Jawa Timur ini mengatakan, bahwa ia memulai semua ini secara otodidak. Sejak ikut orangtuanya bekerja jadi TKI di Arab.

“Belajar bisnis otodidak, dari pengalaman sendiri,” kata Risma.

Ibu tiga anak itu bilang, ia bukan seorang sarjana. Dulu saat masih kecil, Risma harus putus sekolah dan melanjutkan sampai kelas 5 SD. Setelah itu ikut bersama orangtuanya ke Arab Saudi untuk bekerja dan tinggal.

“Bapak supir, ibu enggak kerja. Awal ibu ke sini saya sudah ada usaha. Pertama, saya jualan snack, bikin kue-kue pesanan untuk acara pernikahan, di rumah-rumah,” terangnya.

Meski Risma putus sekolah, namun saat ini ia menjadi pengusaha sukses. Apalagi saat musim haji dan umrah, Risma selalu kebanjiran orderan, baik katering ataupun snack.

Untuk memberikan kenyamanan kepada para pegawainya, Risma sengaja menyewanya sebuah hunian seperti apartemen khusus para pegawainya. Ada 27 pintu kamar, dan harga sewa perbulannya mencapai Rp500 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here