Tampung 305 Pasien Covid-19, RS Modular Pertamina Tanjung Duren Sediakan Ruang Bersalin hingga Rekreasi

0
678

Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Rumah Sakit Modular Pertamina Tanjung Duren untuk pasien Covid-19 pada Jumat, 6 Agustus 2021. Rumah sakit berkapasitas 305 tempat tidur ini akan mulai beroperasi pada 6 Agustus sore.

“Saya sangat berterima kasih kepada kepada Menteri BUMN, kepada Pertamina yang telah menyiapkan Rumah Sakit Modular dengan kapasitas 305 tempat tidur yang komplet dengan ICU lebih bagus lagi,” ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Jumat, 6 Agustus.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pembangunan rumah sakit Covid-19 ini diselesaikan dalam tempo 30 hari. Rumah sakit tersebut memiliki fasilitas khusus, yakni dua per tiga kapasitasnya diperuntukkan bagi perawatan ICU.

Tidak hanya untuk pasien dewasa, ICU pun telah disiapkan bagi bayi, balita, maupun anak-anak. Nicke mengatakan rumah sakit ini memang memiliki fasilitas khusus bagi ibu hamil dan anak yang tengah menderita Covid-19.

“Kami menyadari ada kebutuhan penanganan Covid-19 untuk ibu hamil dan anak-anak serta bayi. Karenanya kami menyediakan ruangan, termasuk ruang bersalin,” kata Nicke.

Nicke melanjutkan, rumah sakit ini juga memiliki fasilitas bagi pasien penderita penyakit tertentu yang membutuhkan layanan cuci darah. Melihat kondisi pasien Covid-19 yang membutuhkan terapi peningkatan imunitas, Pertamina pun menyediakan ruang rekreasi, hiburan, dan halaman untuk berjemur.

Fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan pasien yang tengah berada dalam kondisi pemulihan. Dari sisi desain bangunan, Pertamina membangun rumah sakit dengan banyak fentilasi udara agar pasien serta tenaga medis tidak merasa terkungkung dalam ruangan.

Di samping itu, terdapat banyak dinding kaca yang memungkinkan pasien dapat disapa oleh keluarganya. “Ini memberikan harapan kepada pasien bahwa ia akan segera dijemput oleh keluarga,” kata Nicke.

Rumah Sakit Pertamina Modular di Tanjung Duren akan menerima pasien secara bertahap. Rumah sakit akan dilayani oleh 800 tenaga medis yang terdiri atas perawat dan dokter.

Sumber asli: tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here