Teknologi Ternyata Bisa Pengaruhi Kesuksesan Program Penurunan Berat Badan Anda

0
99

Ada alasan mengapa program penurunan berat badan tidak pernah mudah dilakukan. Alasan utamanya adalah karena Anda harus menggabungkan kombinasi antara porsi makan lebih sedikit, memilih diet yang benar, dan berolahraga lebih banyak. Itupun harus didukung dengan disiplin diri yang kuat, jaringan teman dan keluarga yang mendukung, dan segala macam tips dan trik cerdas untuk membantu diri Anda berjuang menurunkan berat badan.

Nah, menurut studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Obesity, ada fakta baru yang terungkap bahwa saat ini ternyata keterlibatan teknologi sangat mungkin bisa memengaruhi kesuksesan program penurunan berat badan yang Anda lakukan. Penelitian dilakukan oleh para peneliti dari Stanford University, dengan menganalisis hasil dari hampir 40 uji coba penurunan berat badan pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas yang dilakukan selama sepuluh tahun, serta mengamati hampir 70 jenis pemantauan diri digital yang berbeda pada semuanya.

Pada akhir penelitian, lebih dari 70% pelaku diet yang menggunakan teknologi pemantauan diri digital sebagai bagian dari upaya penurunan berat badan, mengalami penurunan berat badan yang sukses. Teknologi yang paling umum digunakan untuk membantu penurunan berat badan adalah situs web (66%), aplikasi (33%), perangkat yang dapat dikenakan (11%), timbangan elektronik (12%), dan pesan teks (12%).

“Pemantauan diri yang lebih sering melalui kesehatan digital dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih besar dalam intervensi perilaku. Cara ini bertahan terlepas dari tujuan penurunan mana yang dimonitor sendiri atau modalitas digital mana yang digunakan. Jadi, tingkat keterlibatan individu menjadi lebih tinggi jika dicatat secara digital daripada di kertas,” jelas penelitian tersebut.

Namun, ada satu kekurangannya. Menurut penelitian, keberhasilan penurunan berat badan yang menggunakan monitor digital paling berhasil hanya dalam jangka pendek. Disebutkan, mereka yang melacak dan mencatat kemajuan dalam jangka waktu kurang dari setahun, berhasil menurunkan berat badan dengan 84% kesuksesan. Sedangkan mereka yang melakukannya lebih dari satu tahun hanya memiliki 47% kesuksesan. Alasannya, kemungkinan karena keterlibatan menurun atau tingkat penurunan berat badan yang lebih lambat.

Bagi Anda yang sekarang sedang dalam program penurunan berat badan, berniat untuk melibatkan teknologi seperti ini agar tujuan Anda lebih sukses?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here