Tepis Tudingan WHO Sebagai Asal Muasal Covid, Tiongkok Curigai Negara Lain

    0
    32

    Tiongkok menepis kecurigaan World Health Organization (WHO) virus covid-19 disebabkan kebocoran laboratorium. Tiongkok justru mencurigai virus berasal dari negara lain.

    Pernyataan ini jawaban dari desakan sejumlah negara yang menuntut Tiongkok transparan soal penyelidikan asal-usul virus penyebab covid-19. Desakan itu muncul saat WHO membuka kemungkinan virus ini berasal dari kebocoran laboratorium di Wuhan.

    Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian meminta isu kebocoran ini tidak dipolitisasi karena sedikit bukti kebenarannya. Apalagi, WHO secara resmi merilis laporan penelurusan virus yang dikerjakan bersama Tiongkok.

    “Kesimpulannya, kebocoran laboratorium dinilai sulit terjadi, untuk itu diperlukan riset terkait kemungkinan awal kemunculan virus dari negara lain,” ujar Zhao dalam tayangan Prime Time News diMetro TV, Sabtu, 17 Juli 2021,

    Ia pun meminta WHO untuk melaksanakan studi lebih mendalam terkait transmisi virus dalam pengiriman barang (rantai dingin) dan makanan beku dari luar negeri. Kemungkinan tersebut bisa menjadi dasar untuk mendalami penularan covid-19.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here