TV Korsel Minta Maaf Usai Sindir RI & Negara Lain di Pembukaan Olimpiade 2020

0
57

Stasiun TV Korea Selatan (Korsel), MBC, viral karena aksi kontroversial di Upacara Pembukaan Olimpiade 2020, Jumat (23/7) lalu, yang terkesan menyindir Indonesia dan negara lain. Mereka lalu menyampaikan permintaan maaf.

Ketika acara defile kontingen Olimpiade 2020 dimulai, TV Korsel itu menayangkan setiap negara dengan memberi gambaran tentang sesuatu yang khas dari negara-negara tersebut. Masalahnya, MBC mendeskripsikan setiap negara dengan aneh.

Untuk Indonesia, misalnya, TV Korsel itu menampilkan foto peta Indonesia dan menulis bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang berpopulasi terpadat ke-4 di dunia dan tingkat vaksinasi COVID-19 sebesar 6%. Perkara vaksinasi tentu tak ada hubungannya dengan Olimpiade.

MBC juga dinilai menyinggung negara-negara lain. Romania, Haiti, hingga Ukraina pun kena. Lantas, TV Korsel itu menuturkan permintaan maaf.

Pada Sabtu (24/5) lalu, MBC telah mengeluarkan permintaan maaf resmi dalam siaran pers. Stasiun TV Korsel itu meminta maaf jika telah menyinggung negara peserta Olimpiade 2020, meski niat awalnya tidak begitu.

“Kami ingin meminta maaf sekali lagi kepada negara-negara dan rakyatnya yang tersinggung dengan siaran kami untuk Upacara Pembukaan Olimpiade,” ujar pernyataan resmi MBC dikutip dari Korea Herald.

“Kami menyadari fakta bahwa kami tidak memiliki rasa hormat dan pertimbangan untuk negara-negara dan proses peninjauan konten yang kurang. MBC mengakui keseriusan masalah ini dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan serupa di masa depan dengan memeriksa sistem produksi perusahaan sekali lagi,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here