WNI Dari Wuhan Datang, Seluruh Sekolah Natuna Diliburkan 15 Hari

0
89

Tiga pesawat pembawa Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan China tiba di Lanud TNI Raden Sadjad Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/1/2020). Seluruh WNI diangkut dalam 3 pesawat milik TNI yakni Hercules A-1315 dan dua pesawat Boeing AL-7304 dan A 7306.

Para WNI tersebut diangkut dengan pesawat Batik Air dari China dan mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Minggu pagi. Usai pemeriksaan kesehatan dan menjalani prosedur kekarantinaan, mereka langsung diberangkatkan lagi ke Natuna menggunakan pesawat TNI.

Pengamanan super ketat diterapkan di areal Bandara Raden Sadjad, tidak ada yang boleh melintas atau pun memasuki areal bandara.

Menurut Menteri Kesehatan Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan 238 Warga Negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi dari Wuhan, China. Menkes menambahkan dirinya akan memeriksa kembali kepastian jumlah tersebut karena WNI yang semestinya dievakuasi menurut rencana awal adalah sebanyak 245 orang.

Dampak datangnya WNI dari Wuhan ke Natuna membuat seluruh sekolah di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau diliburkan selama 15 hari.

WNI itu dipulangkan dari Wuhan, pusat virus corona yang menewaskan ratusan orang di seluruh dunia. Sekda Kabupaten Natuna, Wan Siswandi sudah mengelurakan surat kepada sekolah-sekolah di sekitaran Pulau Bunguran.

Edaran itu dikeluarkan untuk sekolah-sekolah di beberapa kecamatan seperti, seperti Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Barat, Bunguran Batubi, Bunguran Tengah dan Bunguran Timur Laut

Surat itu meminta sekolah meliburkan murid terhitung 3 Februari hingga 17 Februari 2020. Murid diminta belajar di rumah dalam rentang waktu itu, tidak melakukan aktivitas di luar rumah dan menjaga kebersihan serta memeriksakan segera kesehatan jika ada gejala demam dan sejenisnya. Surat tersebut juga ditembuskan ke Menteri Pendidikan dan instansi terkait lainnya.

Sementara itu Menkes memastikan bahwa sebelum keberangkatan dari Wuhan China sudah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan WNI yang dipulangkan dari Wuhan dalam kondisi sehat.

“Sebelum diterbangkan ke Indonesia, mereka sudah diperiksa dan dinyatakan sehat. Demikian pula di Indonesia, satu demi satu tahapan mesti kita kerjakan sesuai arahan WHO (Badan Kesehatan Dunia) agar bisa dipastikan semuanya dalam kondisi sehat,” tukas Terawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here